Bagaimana Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Membayar pajak kendaraan tentu saja menjadi suatu kewajiban bagi warga negara. Jadi setiap orang atau warga negara yang mempunyai kendaraan bermotor tentu saja wajib membayar pajak entah itu kendaraan motor atau mobil. Namun sebelum membayar pajak tentu saja anda lebih baik melakukan pengecekan terhadap besaran pajak yang harus anda bayarkan terlebih dahulu. Lalu bagaimana sih cara cek pajak kendaraan? Apakah kita harus datang ke samsat untuk mengetahui besaran pajak yang harus kita bayarkan?

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Saat ini seiring dengan berjalannya waktu dan juga perkembangan teknologi kita bisa melakukan pengecekan terhadap pajak kendaraan secara online loh. Hal ini karena sudah ada aplikasi e-Samsat yang sudah dikembangkan oleh beberapa pemerintah daerah.

Dimana dengan hadirnya aplikasi e-Samsat ini masyarakat jadi semakin mudah untuk mengurus perpajakan kendaraan secara online dengan mudah tanpa harus datang ke Samsat untuk mengurusnya. Lalu bagaimana cara cek pajak kendaraan secara online? Untuk anda yang sudah penasaran terkait bagaimana cara cek pajak kendaraan secara online, simak saja tutorialnya dibawah ini.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa saat ini untuk bisa melakukan pengecekan terhadap pajak kendaraan saat ini sudah dapat dilakukan dengan mudah secara online lewat aplikasi milik beberapa pemerintah daerah. Dengan begitu, wajib pajak tidak perlu lagi dilakukan dengan datang ke kantor Samsat atau Sistem Administrasi manunggal Satu Atap.

Kita tidak perlu lagi antre berjam-jam hanya untuk mengurus pajak STNK. Itu semua kerna adanya kecanggihan teknologi yang memungkinkan kita untuk membayar pajak dengan transaksi elektronik.

Untuk anda yang mempunyai segudang kesibukan, tentu saja aplikasi ini akan sangat membantu. Namun sayang sekali penerapan inovasi ini belum dapat dinikmati secara menyeluruh terutama di daerah-daerah pelosok tentu saja belum bisa dinikmati.

·       Pertama anda download dulu aplikasi e-Samsat online sesuai dengan daerah domisili anda tinggal. Ketik saja e-Samsat Jawa Tengah jika anda tinggal di Jawa Tengah.

·         Selanjutnya anda login ke aplikasi jika sudah memiliki akunnya, jika belum anda harus mendaftar terlebih dahulu.

·         Berikutnya anda masukkan nomor Polisi atau plat nomor kendaraan dan juga masukkan NIK.

·         Selanjutnya aplikasi akan mengeluarkan rincian pajak yang harus anda keluarkan.

Manfaat Menggunakan Aplikasi E-Samsat

Latar belakang kenapa dibuatnya aplikasi e-Samsat ini adalah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 5 2015 terkait Penyelenggaraan Sistem Administrasi Kendaraan Bermotor. Dimana dalam peraturan tersebut juga dijelaskan beberapa manfaat dari teknologi e-Samsat.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika menggunakan aplikasi E-Samsat dari Pemerintah Daerah.

·        Sederhana, hal ini karena prosedur pelayanannya dilakukan secara online dan untuk pembayarannya bisa melalui ATM atau beberapa Channel Bank yang sudah bekerja sama untuk melakukan penerimaan pembayaran pajak lewat aplikasi e-Samsat.

·         Cepat, hal ini karena adanya kepastian waktu saat melakukan penyelesaian pelayanan.

·         Berkualitas dan juga memanfaatkan teknologi Informasi dan juga transaksi elektronik dengan tepat.

·         Efisien, karena saat kita ingin melakuakn wajib pajak tidak butuh antre dan juga hadir di kantor Samsat.

Nah itulah beberapa cara cek pajak kendaraan secara online yang bisa anda lakukan dengan mudah lewat smartphone atau perangkat yang anda miliki. 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *